PERTEMUAN 12
TAHAPAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
1.
Identifikasi Kelas, Atribut, Responsibility, dan
Operasi
Sama seperti pendekatan topdown, untuk mendefinisikan garis bawah ikatan benda dan sifat yang
relevan dengan masalah
Menentukan Hubungan
Antar Objek dan Kelas
Berdasarkan
pernyataan masalah diperoleh dua
kelas yaitu penggajian dan payslip.Objek
dari kelas penggajian menggunakan
objek dari kelas payslip.Hubungan antar kelas digambarkan dengan notasi UML.
Perancangan Algoritma
Untuk Operasi Menggunakan
Desain Struktur
§
Setiap operasi dalam kelas memerlukan penjelasan langkah-demi langkah instruksi yang menghasilkan perilaku yang
diperlukan. Masing-masing algoritma dimulai dengan nama operasi dan diakhiri dengan pernyataan END.
§
Data yang dibutuhkan objek payslip dikirim dari penggajian segera
setelah diciptakan. Nilai atribut
tersedia untuk semua operasi
didalam kelas
§
Dan empNumber,
weeklyPay, validInput, hours Worked danpay
Rate dapat dilihat untuk setiap operasi.
Mengembangkan Test
Atau Menjalankan Program
§
Langkah
terakhir adalah
mengembangkan kelas yang memiliki operasi dengan algoritma seperti baris utama pada program prosedural.
§
Menjalankan algoritma dengan membuat kelas yang
berisikan algoritma utama.
§
Tes atau menjalankan kelas menyediakan interface
antara objek payslip dan lingkungan
luar termasuk pengguna.
§
File data absen merupakan bagian dari interface antara lingkungan luar
dan objek payslip. Data absen akan
menjadi atribut pada driver kelas dan driver konstruktor akan membuka file.
Payroll()
timeSheetFile=”timesheet.dat”
END
TUGAS 7
Sebuah sawah berbentuk segitiga dengan sisi-sisinya sebesar 5m
dan 7m. Pemilik sawah akan memberi pupuk pada sawah tersebut. Berapa kebutuhan pupuk
apabila dibutuhkan 3kg/m
Penyelesaian
Luas
Sawah : a x t /2
= (5m x
7 m) = 35 m2 / 2
= 17,5 m2
Pupuk
= 3 x
17,5
= 52,5
kg/m2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar